Minggu, 05 Juni 2016

Contoh Lengkap Bagaimana Perhitungan Simulasi Asuransi Pendidikan Prudential

Contoh Lengkap Bagaimana Perhitungan Simulasi Asuransi Pendidikan Prudential


Perhitungan asuransi pendidikan prudential untuk kali ini akan kita fokuskan pada hasil investasi masa depan untuk pendidikan putra putri kita dengan hasil maksimal dengan hanya menambahkan manfaat asuransi tambahan pru med, yaitu penggantian biaya perawatan di rumah sakit yang dihitung sesuai jumlah hari saat tertanggung dirawat di rumah sakit. Untuk perhitungan asuransi pendidikan dengan memadukannya dengan kartu PHS bisa anda baca pada artikel program asuransi pendidikan prudential.

Konsep dari asuransi pendidikan ini adalah mempersiapkan uang tunai untuk dana pendidikan sekaligus memperoleh proteksi biaya rumah sakit dengan cara penggantian klaim rawat inap dengan sistem reumbers (bayar dulu, baru diklaimkan), proteksi ini sampai anak berusia 65 tahun.
Bagaimana nasabah dapat memperoleh uang tunai di masa depan ?
Premi yang dibayarkan setiap bulan sebagian akan disisihkan untuk diinvestasikan dalam bentuk unit link, sehingga untuk masa depan akan memperoleh sejumlah dana yang dapat digunakan saat akan masuk bangku kuliah.
 Sebagai contoh perhitungan asuransi pendidikan prudential :

Untuk mempersiapkan dana masuk perguruan tinggi, anak laki laki bernama Budi usia 3 tahun diikutkan program asuransi pendidikan ini oleh orang tuanya yang bernama pak Ali dengan usia 40 tahun dan pak Ali bukan perokok, premi yang disetor Rp.500,000 tiap bulan selama 10 tahun.

maka Budi pada saat masuk bangku kuliah, akan memperoleh dana masuk universitas sekaligus memperoleh manfaat tambahan proteksi rawat inap di rumah sakit sampai usia ke 65 tahun (selama polis aktif). Selain itu selama mengikuti program asuransi ini , bila terjadi resiko tutup usia pada orang tua Budi, maka pihak asuransi Prudential akan secara otomatis meneruskan pembayaran preminya sebesar Rp.500,000 setiap bulan sampai Budi berusia 18 tahun atau 25 tahun tergantung pilihan calon nasabah mana yang terbaik.

Dalam contoh perhitungan asuransi pendidikan prudential kali ini, apabila si anak ternyata membutuhkan rawat inap di rumah sakit maka nasabah harus membayar sendiri seluruh biayanya. Dan karena dalam contoh ini tidak mengambil kartu PHS, dan hanya manfaat Pru med,maka prudential hanya mengganti uang tunai sejumlah 4 unit, dimana 1 unitnya Rp.40,000.

Nah manfaat pru med maksimal yang boleh diambil tanpa nasabah mengambil kartu PHS adalah 5 unit, jadi Rp.40,000 x 5 unit = Rp.200,000. Yang dibayarkan kepada nasabah adalah dihitung berapa hari nasabah rawat inap. kalau 5 hari berarti Rp.200,000 x 5 hari = Rp.1,000,000. Maksimal 120 hari perawatan dalam 1 tahun.
Manfaat yang diperoleh dalam contoh perhitungan asuransi pendidikan prudential kali ini adalah :

    Selama ikut asuransi, nasabah memperoleh manfaat pru med Rp.200,000/hari, masuk ruang ICU Rp.400,000/hari, Penggantian biaya operasi 500rb-2jt, dan rawat inap karena sakit tersebut berlaku 30 hari setelah polis aktif.
    Persiapan dana tunai, yang bisa digunakan untuk semua keperluan putra-putri kita di masa depan (waktu bisa ditentukan sendiri). Usia 18, 25, atau 30 tahun. (waktu tidak mengikat, sebenarnya dana bisa diambil sewaktu waktu tanpa harus menunggu di usia tersebut).
    Bila di masa depan dana telah diambil (bisa disisakan Rp. 1 juta untuk asuransi non syariah, sedangkan asuransi syariah disisakan Rp. 5 jt)), fasilitas pru med tersebut masih berjalan sampai anak berusia 65 tahun (sepanjang polis masih aktif)).

    Jika terjadi resiko tutup usia pada si anak, maka orang tua akan mendapatkan santunan Rp. 307,000,000 + nilai tunai yang ada, namun uang pertanggungan tutup usia tersebut akan tetap berjalan sampai usia anak 99 tahun, dan kelak jika orang tuanya tutup usia terlebih dahulu maka ahli warisnya akan diubah ke anaknya Budi.

Jadi Budi sesudah lulus kuliah dan sudah bekerja, tinggal meneruskan saja jika ingin tetap menabung di prudential dan kelak akan menjadi tabungan pensiunan untuk dirinya sendiri.

Nah ringkasan nilai tunai yang tersedia :

    di usia ke 18 tahun adalah Rp.   148,000,000
    di usia ke 25 tahun adalah Rp.   381,000,000
    di usia ke 35 tahun adalah Rp. 1,514,000,000

Keranjang investasi dimasukkan 100% ke dalam Equity Fund yang dibelikan saham unggulan jangka panjang. Perkiraan hasil investasi adalah 15% per tahun.

Semakin muda usia si anak dan semakin muda usia ayah, maka akan semakin besar hasil investasinya karena faktor resiko juga dihitung dalam ilustrasi ini.

Perhitungan Asuransi Pendidikan Prudential yang saya buatkan di atas tidak akan sama untuk setiap calon nasabah karena selain dipengaruhi oleh hal yang saya sebutkan di atas, juga dipengaruhi oleh jenis kelamin anak, status perokok atau tidak perokok ayah, dan jenis pekerjaan ayah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar